Bisnis Wedding Organizer, Ini Cara Agar Tetap Eksis Di Era Pandemi

Posted on

Masa pandemi ini tentunya memberikan dampak cukup besar pada sektor perekonomian, tidak terkecuali bisnis wedding organizer. Bisa dikatakan bahwa bisnis ini mengalami penurunan semenjak pandemi menyebar di Indonesia, mungkin banyak WO yang harus rela menutup bisnisnya.

Alasanya tentu karena sepi pelanggan, sehingga pelaku bisnis WO ini harus bisa memutar otak untuk berinovasi agar bisnis mereka tetap bisa bertahan. Apalagi semenjak diberlakukannya aturan PPKM dan larangan untuk berkerumun membuat acara pesta pernikahan tidak boleh diadakan.

Bisnis Wedding Organizer, Ini Cara Agar Tetap Eksis Di Era Pandemi
pixabay.com

Bisnis Wedding Organizer, Ini Cara Agar Tetap Eksis Di Era Pandemi

Dampak pandemi memang berimbas ke berbagai bisnis. Tak terkecuali untuk bisnis WO. Sehingga, membuat bisnis ini sepi peminat dan tidak lagi bisa digunakan, makanya pelaku bisnis harus pintar-pintar dalam mengelola usahanya selama pandemi. Mungkin mereka bisa mengusahakan pesta pernikahan yang lebih tertib dan tidak mengakibatkan kerumunan, sehingga pelanggan tetap bisa menggunakan jasa mereka.

Selain itu masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisnis ini tetap eksis di era pandemi seperti saat ini. Nah berikut ini beberapa cara agar bisnis WO tetap eksis di era pandemi.

Memanfaatkan Teknologi

Cara agar bisnis wedding organizer tetap eksis di era pandemi yang pertama adalah dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya seperti membuat sebuah event melalui dua cara yakni online dan offline, cara ini tentunya untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Jadi semisal pelanggan tetap ingin melaksanakan pesta pernikahan maka akan diusahakan sejumlah 25% tamu undangan menghadiri secara offline. Nah sisa tamu undangan lainnya akan disediakan tempat secara virtual atau online, sehingga pesta pernikahan tetap bisa terlaksana tanpa adanya kerumunan.

Apalagi semenjak masa pandemi ketika mengadakan suatu pesta wajib untuk mematuhi protokol Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh. Bisa juga menawarkan konsep pesta pernikahan yang lebih intimate atau hanya keluarga saja.

Tetap Memperhatikan Kualitas Pelayanan

Cara lain bisnis wedding organizer agar bisa tetap eksis di masa pandemi adalah dengan tetap mempertahankan standar kualitas pelayanan. Tentunya penting untuk memperhatikan kualitas pelayanan yang akan diberikan agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan WO Anda.

Meskipun mungkin jarang yang akan menggunakan jasa WO Anda namun ada baiknya Anda tetap mempertahankan kualitas pelayanan. Misalnya mulai dari kualitas catering, make up, kostum yang akan digunakan hingga dekorasi pesta.

Memberikan Penawaran Terbaik

Cara ini juga bisa Anda lakukan misalnya dengan promosi pilihan paket pesta yang lebih ekonomis dan sederhana. Anda juga bisa mengadakan diskon, hal ini tentu akan menarik pelanggan untuk menggunakan jasa Anda.

Dengan menawarkan berbagai paket pesta tentu pelanggan juga akan lebih tertarik, misalnya seperti paket untuk berapa tamu undangan. Atau paket pesta sederhana dan tentu dengan harga yang lebih terjangkau, Anda juga bisa memberikan hadiah untuk setiap paket.

Memanfaatkan Media Sosial

Untuk mempromosikan penawaran terbaik tersebut Anda bisa memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produk Anda. Karena dengan media sosial ini dapat membantu Anda menjangkau konsumen lebih banyak. Nah pasti akan ada kemungkinan pelanggan tertarik dengan penawaran Anda.

Media sosial ini juga akan menghemat pengeluaran Anda untuk biaya promosi, karena tentu Anda harus pintar mengelola keuangan bisnis selama pandemi. Sehingga bisnis wedding organizer Anda mampu bertahan dan tetap eksis meskipun sedang di era pandemi seperti saat ini.