14 Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan, Wajib Dicoba!

Posted on

Dalam menjalankan usaha, tentu saja membutuhkan perencanaan yang tepat. Salah satunya adalah menjalankan usaha dengan profit tinggi, jangka panjang dan yang menjanjikan.

Usaha semacam ini memberikan Anda peluang untuk sukses dan terus berkembang. Meskipun banyak usaha serupa, usaha Anda akan mampu untuk bersaing.

Usaha yang Menjanjikan
Usaha yang Menjanjikan, Foto: youngisthan.in

14 Usaha yang Menjanjikan

Memulai usaha memang tidaklah mudah. Bahkan, tidak semua orang mampu bertahan untuk terus menjalankan usahanya di tengah persaingan.

Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan memahami keterampilan dan pengetahuan yang Anda punya. Keterampilan dan pengetahuan ini, akan memudahkan Anda untuk merencanakan dan menyusun strategi usaha.

Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda jalankan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Online Shop

Online shop merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Memiliki peluang yang besar karena sangat populer di kalangan masyarakat.

Anda dapat menawarkan dan menjual berbagai macam produk dalam skala besar. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, perlengkapan bayi, produk-produk fashion, tanaman hias, hingga alat-alat elektronik.

Selain itu, Anda juga bisa menjangkau konsumen dengan cakupan yang lebih luas. Berbeda dengan toko offline pada umumnya, Anda tidak perlu modal besar dan menyewa tempat untuk memulai usaha online shop ini.

Anda bisa memanfaatkan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan market place lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp Business, untuk mengembangkan penjualan.

2. Dropshipper

Siapa bilang, menjalankan usaha yang menjanjikan butuh modal besar? Menjadi dropshipper merupakan usaha rumahan, modal kecil dengan keuntungan yang cukup besar.

Dalam menjalankan usaha ini mirip dengan reselling. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah dari selisih harga yang Anda terima dari pembeli produk.

Perbedaannya, dropshipper tidak perlu memiliki gudang sendiri. Penjuallah yang nantinya akan mengirimkan barang ke konsumen.

Ada banyak jenis barang yang bisa Anda tawarkan. Misalnya, menjadi dropshipper produk fashion, kecantikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

3. Social Media Management

Tak dapat kita pungkiri, saat ini penggunaan media sosial meningkat pesat. Terutama dalam mengembangkan usaha.

Tidak semua perusahaan memiliki kemampuan mengelola media sosial untuk kegiatan marketing mereka dengan baik. Jika Anda memiliki kemampuan dan keterampilan mengelola media sosial, ini menjadi peluang yang sangat bagus.

Anda bisa membuka jasa sosial media management kepada perusahaan atau start up baru. Hanya bermodalkan internet dan keterampilan yang Anda miliki untuk memulai usaha menjanjikan ini.

Untuk membantu penjualan produk atau jasa tertentu dari berbagai perusahaan, Anda bisa menentukan sendiri berapa tarif yang harus dibayar oleh perusahaan. Anda bisa mengkategorikan besar kecilnya harga sesuai dengan tingkat kesulitannya.

4. Jasa Pembuatan Website

Jika keterampilan yang Anda miliki adalah web developer, membuka jasa pembuatan website menjadi pilihan yang sangat bagus. Ini dapat menjadi usaha rumahan dengan keuntungan yang cukup besar.

Menariknya, tidak butuh modal besar untuk menjalankan usaha ini. Keuntungan yang Anda dapatkan tidak hanya berasal dari pembuatan website saja.

Anda juga bisa memperoleh penghasilan dari kerja sama dengan pihak lain sebagai reseller hosting dan domain. Seperti yang diketahui, sebuah website membutuhkan domain dan hosting agar bisa online.

5. Usaha Franchise

Usaha yang menjanjikan lainnya yakni dengan menekuni usaha franchise. Franchise merupakan usaha waralaba atau kemitraan.

Untuk menjalankan usaha ini sangatlah mudah. Anda menjalin kerja sama dengan perusahaan yang sudah memiliki produk terkenal.

Ini strategi Anda untuk mendapatkan pembeli secara mudah dan dalam waktu yang cepat. Anda bisa mencoba usaha franchise makanan yang digemari banyak orang. Selain menjanjikan, usaha ini juga sudah banyak berkembang.

6. Bisnis Makanan Ringan

Produk makanan seperti makanan ringan atau snack memang tidak ada matinya. Apalagi, antusiasme masyarakat dalam mencoba produk makanan baru sangatlah tinggi.

Ini dapat menjadi peluang besar bagi Anda untuk memulai usaha makanan ringan. Tidak harus bermodal besar untuk merintis usaha ini.

Langkah awal, Anda bisa memulainya dalam skala kecil. Tawarkan produk makanan ringan Anda secara online melalui media sosial.

Agar produk jajanan Anda semakin diminati tingkatkan kualitas dan keunikannya. Sehingga, produk Anda lebih menarik, dan berbeda dari produk lainnya.

7. Bisnis Frozen Food

Sebagian besar orang, lebih suka menyetok bahan makanan di kulkas. Selain lebih praktis, cara ini juga hemat waktu dan pengeluaran.

Tentu saja, makanan yang disimpan dalam kulkas adalah makanan awet atau tidak cepat basi. Dari pola hidup seperti inilah, Anda dapat menemukan peluang usaha yang menjanjikan dengan menjalankan bisnis frozen food.

Frozen food merupakan makanan beku yang awet dan tahan lama meskipun disimpan beberapa hari di kulkas. Ada banyak produk yang bisa Anda tawarkan, seperti daging, bakso, nugget, dan makanan beku lainnya. Anda tidak perlu membuat produk sendiri, bisa dengan menjualkan produk frozen food rumahan.

8. Usaha Minuman Kekinian

Tidak hanya makanan, minuman pun menjadi perhatian masyarakat. Apalagi, anak-anak muda yang gemar mengkonsumsi minuman kekinian.

Anda bisa berjualan minuman kekinian ini dengan membuka kedai sendiri atau menyewa stan. Tonjolkan ciri khas dari minuman Anda, mulai dari rasa, tampilan, toping, atau yang lainnya.

9. Usaha Pertanian Organik

Memulai usaha yang menjanjikan tidak hanya bisa Anda lakukan di kota saja. Bagi Anda yang hidup di desa pun juga bisa memulainya dengan usaha pertanian organik.

Tak butuh lahan luas, Anda bisa memanfaatkan sisa lahan rumah Anda sebagai kebun. Ada banyak jenis pertanian organik yang bisa Anda tanam.

Seperti halnya, cabai, sawi, bayam, kangkung, hingga jenis buah-buahan. Hasil pertanian organik ini selalu dicari, mengingat semakin tingginya kesadaran orang untuk hidup sehat.

Anda bisa menjual hasil pertanian organik ini ke pasar-pasar atau melalui media sosial. Selain menjadi ladang usaha, Anda sekaligus memiliki stok bahan makanan sehat setiap hari.

10. Usaha Tanaman Hias

Dalam menjalankan usaha yang menjanjikan, tidak butuh modal terlalu tinggi. Salah satunya adalah usaha tanaman hias.

Jangankan membutuhkan modal besar, usaha ini bisa tidak membutuhkan modal sama sekali jika Anda melakukan pembibitan sendiri. Peluang usaha ini sangat menggiurkan.

Apalagi banyak orang yang memiliki hobi mengoleksi berbagai tanaman hias. Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang bisa Anda tawarkan.

Misalnya saja seperti anggrek, begonia, euphorbia, aglaonema, adenium, keladi hias, bonsai, palem-paleman, anthurium dan jenis tanaman hias lainnya. Meskipun tidak membutuhkan modal terlalu besar, untuk sukses menjalankan usaha ini, Anda butuh keterampilan dan pengetahuan.

Terutama soal perawatannya, sehingga tanaman hias semakin tumbuh subur, sehat dan memiliki daya tarik. Dengan begitu, keinginan konsumen Anda semakin besar untuk membeli tanaman hias tersebut.

11. Usaha Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki keterampilan dalam mengolah bahan mentah menjadi kerajinan tangan, ini dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Hanya dengan modal beberapa ratus ribu saja, Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Selain keterampilan, Anda juga harus memiliki ketekunan dan kejelian dalam melihat usaha ini. Anda bisa menawarkan hasil dari kerajinan tangan Anda ini ke toko oleh-oleh dan sejenisnya.

Untuk mencakup pasar yang lebih luas, Anda bisa menjual hasil kerajinan tangan tersebut secara online. Baik itu, melalui marketplace atau media sosial.

Kerajinan tangan dapat dijadikan souvenir, sehingga peminatnya cukup tinggi. Selain itu, kerajinan tangan juga dapat dipajang sebagai dekorasi rumah.

Tidak hanya sekedar usaha menjanjikan saja, tetapi usaha ini juga tidak ada matinya. Apalagi, usaha kerajinan tangan ini bisa menembus pasar ekspor.

12. Make Up Pengantin

Membuka usaha yang menjanjikan, dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai peluang. Salah satunya, jika Anda memiliki keterampilan soal dunia make up, bisa menjadi peluang yang sangat baik.

Anda bisa membuka jasa sebagai make up pengantin. Make up pengantin selalu dibutuhkan, pasalnya sebagai pemilik acara tidak hanya memperhatikan dekorasi saja, melainkan penampilan mereka yang cantik dan menarik.

Anda bisa mematok harga sendiri untuk jasa make up ini. Agar jasa Anda semakin dikenal, bisa mempromosikannya melalui media sosial dengan Anda sebagai modelnya ataupun orang lain.

13. Investasi Emas Antam

Menjalankan sebuah usaha, tidak selalu menciptakan produk maupun menawarkan jasa. Usaha menjanjikan lainnya yakni dengan cara berinvestasi.

Salah satunya adalah investasi emas antam. Memang membutuhkan modal yang lumayan besar, tetapi Anda bisa menabung terlebih dahulu untuk memulai investasi ini.

Investasi emas antam menjadi tabungan masa depan yang menjanjikan. Keuntungan investasi emas antam ini tidak terpengaruh oleh inflasi.

Dengan begitu, nilainya akan cenderung stabil bahkan meningkat setiap tahunnya. Tidak perlu langsung berinvestasi dalam jumlah besar, Anda bisa memulai dengan kisaran gram yang kecil terlebih dahulu.

Seiring waktu, Anda bisa menjual kembali emas tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Anda tak perlu khawatir, sebagai salah satu investasi bebas pajak, emas antam sangat mudah diperjual belikan kembali.

Untuk sukses dengan usaha ini tak ada salahnya jika Anda menggunakan strategi. Beli emas antam ketika harga turun dan jual ketika harga tinggi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

14. Investasi Saham Online

Beberapa orang, menjalankan usaha dengan tujuan untuk meningkatkan kekayaan. Tak lain sebagai tabungan untuk masa depan nanti.

Di era yang serba cepat ini dengan perkembangan teknologi, salah satu usaha yang menjanjikan adalah dengan investasi saham online. Investasi saham secara online ini tak hanya menawarkan keuntungan saja, akan tetapi juga kemudahan.

Ada banyak perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang menawarkan saham mereka. Selain itu, sektor saham juga luas, mulai dari pariwisata, konstruksi, perbankan, dan sektor lainnya.

Anda dapat memilih sektor yang paling banyak mendatangkan keuntungan. Anda juga bisa memilih sendiri jangka waktunya, ingin investasi jangka pendek atau jangka panjang.

Besar kecilnya keuntungan yang bisa Anda dapatkan ditentukan dari banyaknya lot atau lembar saham yang Anda miliki. Semakin banyak saham yang Anda beli, pastinya keuntungan juga semakin tinggi.

Anda tidak perlu khawatir dengan perkembangan investasinya. Pasalnya, pihak perusahaan akan memberikan informasi secara transparan dan Anda dapat memantaunya kapan saja. Sehingga uang Anda dijamin aman.

Itulah tadi, 14 usaha yang menjanjikan untuk Anda coba tekuni. Dengan berbekal pengetahuan, keterampilan dan perencanaan yang matang, Anda akan mampu menjalankan usaha dengan sukses sesuai pilihan.