Bangun Usaha Menjanjikan dengan 4 Jenis Social Media Management Ini!

Posted on

Anda memiliki skill dalam mengelola media sosial? Membuka jasa social media management menjadi usaha yang menjanjikan.

Saat ini, penggunaan media sosial untuk kegiatan marketing sudah berkembang pesat. Media sosial menjadi alat yang sangat efektif untuk menawarkan dan menjual produk atau jasa.

Tak heran jika banyak perusahaan yang mulai memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan. Dengan skill mengelola berbagai media sosial, menjadi kesempatan bagus bagi Anda untuk membuka jasa ini.

Anda bisa menawarkan layanan pengelolaan serta maintenance sosial media, seperti instagram dan facebook. Anda dapat membantu perusahaan-perusahaan untuk mengoptimalkan sosial media bisnis mereka, mulai dari desain, copywriting, hingga periklanan.

Social Media Management
Social Media Management, Foto: bersona.com

4 Jenis Social Media Management yang Bisa Anda Tekuni

Sebelum Anda memulai usaha ini, ada beberapa skill yang wajib Anda kuasai. Skill-skill inilah yang akan menilai seberapa profesionalnya Anda.

Pertama adalah skill analytics, di media sosial terdapat beragam KPI yang tidak sekedar Anda baca, akan tetapi juga menganalisis persentase hasilnya. Kedua, adalah skill seni dan nilai estetika, selain desain yang menarik, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk membuat konten yang relevan sesuai dengan trend.

Skill eksekusi, tidak hanya merencanakan tetapi juga menjalankan rencana tersebut dengan baik melalui software-software desain grafis profesional. Skill lainnya adalah marketing, Anda memiliki kemampuan menguasai teori hingga praktik pemasaran.

Selain keempat skill ini, Anda bisa memilih bidang yang sesuai dengan minat Anda. Setidaknya ada 4 jenis social media management yang bisa Anda tekuni.

1. Copywriter atau Content Writer

Copywriter atau Content Writer, berperan penting dalam mengkampanyekan perusahaan. Mulai dari menulis konten, copy atau promosi.

Bidang ini sesuai dengan Anda yang memiliki keterampilan membuat tulisan persuasif. Tulisan-tulisan ini dapat meningkatkan follower, engagement dan lain sebagainya.

2. Social Media Officer

Social media officer menjadi bidang yang paling mudah dalam social media management. Anda bisa memulai karir dengan bidang ini. Tugasnya, seperti membuat jadwal post, membalas komentar atau DM, hingga membuat analisis konten setiap akhir bulan.

3. Desainer Konten atau Feed

Konten dengan desain menarik memiliki nilai visual yang lebih besar, sehingga dapat mendorong penjualan. Tak sedikit pemilik brand tertentu membutuhkan konten dengan desain menarik.

Hal ini dapat memberikan peluang bagi Anda untuk menawarkan jasa pembuatan desain konten sosial media. Anda bisa menawarkan sejumlah paket pengelolaan, mulai dari harian hingga bulanan.

Ditambah lagi, kini sudah banyak tersedia platform desain yang bisa Anda gunakan. Dengan skill yang Anda miliki dan platform-platform desain ini, Anda bisa mendirikan jasa desainer konten yang profesional.

4. Social Media Specialist

Jika Anda memiliki skill dan pengalaman mumpuni dalam bidang sosial media, Anda bisa menjajal bidang yang lebih tinggi, yakni social media specialist. Menjadi social media management di bidang ini, Anda dapat menawarkan jasa yang lebih kompleks.

Misalnya saja seperti mengevaluasi konten, melakukan pemasangan ads di beberapa platform, dan memahami perbedaan audiens yang ada di setiap platform. Untuk sukses di bidang ini, Anda harus memiliki pengetahuan tentang perbedaan strategi brand untuk audiens yang berbeda.

Dengan begitu Anda dapat menyesuaikan konten dengan brand klien Anda untuk mencapai tujuan. Tak hanya itu, jasa lain yang bisa Anda tawarkan yakni menyusun strategi media sosial dari awal sampai akhir. Skill dan pengetahuan yang sangat dibutuhkan adalah pemasaran media sosial.

Itulah tadi, 4 bidang social media management yang bisa Anda tekuni. Jika Anda melakukannya dengan serius dan bersungguh-sungguh, ini akan menjadi usaha yang menjanjikan untuk kedepannya.