Bisnis Tanaman Hias Semakin Menjanjikan, Simak 4 Tips Suksesnya!

Posted on

Jika Anda hobi berkebun, bisnis tanaman hias menarik untuk digeluti. Bisnis satu ini sangat menjanjikan karena bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Tanaman hias selalu diminati, tak jarang orang-orang rela mengeluarkan uang jutaan untuk mendapatkan jenis tanaman yang mereka inginkan. Selain itu, bisnis ini tidak butuh modal terlalu besar dan pemasarannya pun cukup mudah.

Bisnis Tanaman Hias
Bisnis Tanaman Hias, Foto: mapio.net

Bisnis Tanaman Hias Semakin Menjanjikan, Simak 4 Tips Suksesnya!

Agar bisnis ini semakin sukses dan memberikan prospek menjanjikan, Anda perlu perencanaan untuk memulainya. Setidaknya, ada 4 tips sukses yang bisa Anda terapkan.

Apa sajakah itu? Mari simak pemaparan selengkapnya berikut ini!

1. Mempersiapkan Modal

Hal pertama kali yang harus Anda siapkan untuk memulai bisnis ini adalah modal. Pastikan modal Anda cukup untuk menjalankan bisnis ini sesuai dengan perencanaan.

Perkiraan modal yang dibutuhkan sekitar 3 jutaan. Dengan rincian, 2 juta untuk pembelian tanaman hias, dan 1 juta untuk perlengkapan lainnya. Sedangkan untuk sisa modal lainnya untuk kebutuhan pupuk atau nutrisi tanaman.

2. Memilih Jenis Tanaman Hias

Untuk memulai bisnis tanaman hias, hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan yakni jenis tanamannya. Memilih jenis tanaman hias yang banyak dicari, maka peluang Anda meraup keuntungan juga semakin besar.

Banyak jenis tanaman hias yang bisa Anda tawarkan. Mulai dari tanaman hias yang menghasilkan bunga atau hanya dedaunan saja.

Masing-masing jenis tanaman hias ini memiliki strategi. Jika Anda ingin fokus pada bunga maka pilihlah tanaman hias dengan penjualan stabil atau tidak musiman.

Memang lebih baik jika Anda menjual berbagai jenis tanaman hias. Namun, sebagai pemula Anda bisa mencoba satu atau dua jenis terlebih dahulu. Setelah terlihat perkembangannya, barulah Anda bisa menambah jenis lainnya.

3. Pilihlah Lokasi yang Strategis dan Aman

Agar sukses dengan bisnis ini, Anda harus memilih lokasi yang strategis dan tepat. Pemilihan lokasi yang strategis, memudahkan calon pembeli untuk menemukan bisnis Anda.

Sedangkan lokasi yang tepat, mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman hias Anda selama masa pemeliharaan. Meskipun bisnis ini membutuhkan lahan yang cukup luas, Anda tidak harus menyewa lahan.

Selain tepat dan strategis, lokasi Anda juga harus aman. Pastikan tidak ada hama yang menyerang atau berpotensi terjadinya pencurian.

Anda bisa memanfaatkan halaman rumah. Halaman rumah tersebut bisa Anda sulap menjadi tempat yang pas untuk bisnis tanaman hias ini.

4. Gunakan Promosi dan Strategi Pemasaran yang Tepat

Kesuksesan bisnis Anda sangat ditentukan dari promosi dan strategi pemasarannya. Promosi dan pemasaran ini bisa Anda lakukan dengan dua arah.

Baik itu dengan cara offline maupun online. Untuk pemasaran secara offline, Anda bisa memasang banner, spanduk, baliho atau sejenisnya.

Ini membuat lokasi Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Untuk promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga membangun website.

Cara lainnya Anda bisa menggunakan platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan market place lainnya. Dengan strategi pemasaran ini jangkauan bisnis Anda semakin luas.

Selain keempat tips ini, media tanam juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Media tanam yang tepat, membuat tanaman tumbuh subur. Tidak harus beli, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan pupuk organik di sekitar Anda.

Itulah tadi 4 tips sukses memulai bisnis tanaman hias yang bisa Anda terapkan. Bangunlah bisnis yang menjanjikan dan meraup keuntungan maksimal.