5 Usaha Kerajinan Tangan Modal Kecil dengan Prospek Menjanjikan

Posted on

Ketertarikan masyarakat terhadap kerajinan tangan, seiring waktu semakin meningkat. Tidak hanya sebagai pernak-pernik maupun perlengkapan dekorasi saja, kerajinan tangan juga memiliki nilai guna. Melihat peluang ini, usaha kerajinan tangan sangat menjanjikan.

Produk yang dihasilkan dari kerajinan tangan di Indonesia sudah berkembang pesat. Bahkan, tak hanya masuk ke pasar lokal, tetapi hingga mancanegara.

Usaha Kerajinan Tangan
Usaha Kerajinan Tangan, Foto: youtube.com

5 Usaha Kerajinan Tangan dengan Prospek Menjanjikan

Menjalankan usaha ini, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya bahan dasar yang mudah dan murah.

Justru, nilai kerajinan tangan akan semakin tinggi, jika memanfaatkan bahan daur ulang. Selain mudah dan murah, ketersediaan bahan baku untuk membuat kerajinan tangan selalu terpenuhi.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika mendapatkan order berskala besar. Menggeluti usaha dibidang ini, artinya Anda meningkatkan kreativitas serta keterampilan.

Keuntungan paling utama adalah mendapatkan penghasilan. Jika Anda bisa memasarkan produk-produk kerajinan tangan yang menarik dan unik, sudah barang tentu Anda mendapatkan banyak pembeli.

Berikut ini, adalah 5 usaha kerajinan tangan dengan modal kecil dan prospek menjanjikan yang bisa Anda tekuni. 

1. Kerajinan Tangan Berbentuk Aksesoris dan Perhiasan

Aksesoris dan perhiasan selalu banyak peminatnya, terutama kaum wanita. Bahkan, saat ini kaum pria pun turut menggunakannya.

Memulai usaha ini cukup mudah. Banyak referensi yang bisa Anda jadikan sumber inspirasi, seperti tutorial youtube, artikel web, dan referensi lainnya.

Agar Anda bisa membuat produk yang unik dan orisinil, cobalah untuk memodifikasinya dari model yang sudah beredar di pasaran. Untuk pemasarannya sendiri, paling efektif melalui media sosial maupun marketplace.

2. Kerajinan Tangan dengan Bahan Dasar Rotan

Kerajinan tangan berbahan dasar rotan memang bukan hal yang baru lagi. Usaha ini sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Meskipun begitu, usaha ini masih memberikan peluang besar. Apalagi, pasar untuk kerajinan tangan ini tidak hanya dalam negeri saja, melainkan luar negeri.

Produk yang bisa dihasilkan bermacam-macam, mulai dari kursi, meja, hingga dekorasi dinding lainnya. Untuk meningkatkan nilai produk Anda, cobalah untuk menambah kreasinya..

3. Kerajinan Tangan dengan Bahan Dasar Kayu

Selain rotan, kerajinan tangan berbahan dasar kayu juga memiliki banyak peminat. Usaha kerajinan tangan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki bisnis rumahan.

Produk yang bisa dihasilkan bervariasi, mulai dari kursi, meja, lemari, rak buku, hingga souvenir berbahan dasar kayu. Hasil dari kerajinan ini bisa dipadu-padankan dengan bahan lainnya sebagai aksesoris.

Misalnya dilengkapi dengan tali tampar, kulit sintetis, hingga ukiran-ukiran yang unik. Karena produk dari kayu selalu dicari, Anda semakin mudah untuk memasarkannya.

4. Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Barang bekas seringkali menjadi limbah yang mencemari lingkungan. Namun, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha dengan mengolahnya menjadi barang bermanfaat.

Kerajinan dari barang bekas tak pernah sepi peminat. Selain bernilai ekonomis, juga memiliki daya guna.

Banyak jenis produk yang bisa Anda buat, misalnya botol bekas disulap menjadi pot bunga, dan sebagainya. Anda bisa menjalin kerja sama dengan pelaku rumah tangga untuk mendapatkan bahan bakunya.

5. Kerajinan Tangan dari Bahan Dasar Kain

Kain juga bisa Anda sulap menjadi barang bernilai tinggi. Anda bisa membuat barang-barang handmade dari kain seperti sarung bantal, dompet, tas, dan barang lainnya. Untuk menghasilkan produk bernilai lebih, Anda bisa mengkombinasikannya dengan kain lainnya.

Itulah tadi 5 usaha kerajinan tangan dengan modal kecil. Jika Anda menekuninya, akan menjadi usaha menjanjikan untuk kedepannya.