Usaha Keripik Pangsit Rumahan, Begini Cara Mudah Memulainya

Posted on

Usaha keripik pangsit rumahan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan saat ini. Camilan kaya protein dengan harga murah merupakan alasan bisnis ini semakin banyak pesaingnya. Bisnis rumahan ini pun semakin menjamur di tengah-tengah masyarakat.

Pangsit adalah olahan dari tepung terigu dan campuran bahan lain yang dibentuk sedemikian rupa kemudian digoreng. Hasil akhirnya akan berupa keripik yang renyah. Kini Anda bisa menjumpai keripik pangsit tersedia dalam berbagai varian rasa.

Usaha Keripik Pangsit Rumahan Begini Cara Mudah Memulainya
pixabay.com

Cara Memulai Usaha Keripik Pangsit Rumahan

Dalam dunia bisnis, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah berpegang teguh pada ketelatenan dan komitmen untuk benar-benar menjalankan bisnis yang dipilih. Usaha keripik pangsit sesuai dengan selera orang Indonesia, yaitu menyukai makanan yang kriuk alias renyah.

Oleh sebab itu, keripik pangsit banyak dicari. Apalagi jika camilan ini diolah menjadi pangsit yang pedasnya nendang. Sudah dapat dipastikan dong jika usaha ini semakin menjanjikan. Tidak perlu takut untuk memulainya. Berikut adalah tips mudah untuk memulai usaha rumahan keripik pangsit.

Modal Usaha

Ketersediaan modal adalah indikator penting untuk memulai usaha apapun, termasuk bisnis keripik pangsit ini. Modal ini nantinya akan dialokasikan untuk pembelian bahan baku, alat, serta perlengkapan packing. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena modal untuk memulai usaha keripik pangsit pedas tidak terlalu besar.

Persiapan Bahan Baku

Bahan-bahan pembuatnya juga dapat diperoleh dengan mudah. Hal yang harus Anda perhatikan adalah kelengkapan bahan baku yang akan digunakan agar hasil olahan keripik pangsit lebih mantap. Bila memungkinkan tambahkan beberapa bahan yang bisa menjadi ciri khas keripik pangsit olahan Anda.

Tentukan Lokasi

Usaha keripik pangsit bisa Anda lakukan dari rumah. Namun, jika ingin memperoleh keuntungan yang maksimal, cobalah memilih lokasi yang strategis. Mendirikan stand di pinggir jalan atau menyewa tempat di pasar bisa Anda jadikan pilihan sebagai tempat menjalankan usaha tersebut.

Cara Pemasaran Keripik Pangsit

Pemasaran usaha keripik pangsit pedas juga penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena sudah banyak yang menekuni bisnis makanan ringan asli Indonesia ini. Jadi, Anda akan menghadapi persaingan pangsa pasar yang cukup tinggi. Nah, strategi pemasaran untuk mengatasi hal tersebut adalah:

Berikan keunikan pada produk Anda. Strategi pemasaran yang pertama adalah membuat produk Anda berbeda dari usaha pangsit kompetitor. Buatlah cita rasa pangsit yang berbeda, desain unik pada kemasan, hingga promosi yang unik.

Tentukan ulang pangsa pasar. Hal ini akan membantu Anda membuat strategi pemasaran yang tepat. Sebagai contoh, jika target segmentasi pasar adalah anak muda, ada baiknya Anda mencari tahu varian rasa pangsit apa yang disukai anak muda.

Perkenalan merek usaha Anda. Komunikasi merek ke pasar akan menjadikan produk mudah dikenal masyarakat luas. Manfaatkan media cetak dan elektronik. Saat ini komunikasi efektif dapat Anda lakukan melalui media sosial online.

Cari reseller atau distributor yang tepat. Peran reseller adalah membantu memasarkan produk usaha keripik pangsit milik Anda. Jadi, usahakan pilih reseller yang memiliki jaringan luas. Akan lebih baik lagi jika reseller tersebut memiliki tempat usaha yang ramai dikunjungi khalayak.

Berikan pelayanan maksimal. Dalam dunia bisnis, pelayanan maksimal pada pelanggan merupakan hal yang penting. Apalagi mendapatkan kepercayaan dari pelanggan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bukan hanya pelanggan, Anda juga harus memberikan pelayanan yang baik pada reseller juga.

Jaga kualitas produk. Selalu menjaga kualitas produk dan hubungan baik dengan pelanggan dan reseller juga merupakan kunci keberhasilan bisnis yang Anda jalani.

Selain usaha keripik pangsit rumahan, beberapa tips di atas juga bisa Anda terapkan pada bisnis yang lain, misal bisnis rumahan keripik pisang, tempe, tahu, bayam, dan masih banyak lagi. Hal terpentingnya adalah jangan pernah takut untuk mencoba memulai suatu usaha dan tetap semangat.